Tips Melumasi Rantai, Jangan Melumasi Rantai Dengan Oli Bekas

Untuk menjaga agar rantai sepeda motor tetap baik para pemilik biasanya menggunakan pelumas untuk melumasi rantai motornya, tetapi disini yang perlu diperhatikan penggunaan pelumasnya, banyak para pengendara awam yang tidak tahu tentang bagaimana melumasi rantai yang baik dan benar, mereka menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, hal ini tentu tidak disarankan.

Ini sebenarnya berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika melumasi rantai, dulu karena belum tahu tentang cara melumasi rantai yang baik saya asal-asalan menggunakan oli bekas, karena sering melihat orang-orang menggunakan oli bekas untuk rantainya. Alhasil rantai saya jadi berisik dan ada bercak-bercak karat jika telat melumasi rantai, ya maklum lah, masih belum tahu,hehe Nah, untuk menjawab itu semua kali ini jagat otomotif akan membahasnya, disimak yang baik ya! :-)

Mengapa jenis pelumas menjadi yang pertama yang perlu diperhatikan, karena hal ini yang mendasari untuk melumasi rantai kendaraan anda.

Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, karena oli bekas mengandung limbah sisa hasil pembakaran didalam mesin, dan sisa-sisa kotoran, dan jika digunakan untuk melumasi rantai dapat berdampak pengikisan pada rantai anda, dan rantai anda akan mudah berkarat dan juga berisik. Gunakanlah pelumas khusus rantai motor yang banyak dijual di toko-toko yang menjual perlengkapan perawatan motor atau di bengkel, biasanya pelumas khusus rantai ini namanya Chain Lube.

Dengan menggunakan Chain Lube kita bisa mengurangi sedikit suara berisik rantai dan menjaganya agar tetap awet.