4 Cara ampuh merawat rantai motor

Bagi Anda yang menggunakan motor sebagai kendaraan sehari-hari untuk bekerja, ke sekolah, dan melakukan apapun, mungkin kendala yang sering muncul adalah masalah rantai.

Terlebih lagi jika sudah datang musim hujan, rantai akan kotor oleh lumpur, kemudian kering sebentar, basah lagi terkena hujan dan akhirnya menjadi kendur. Kendur pun akan menyebabkan motor Anda berisik dan tidak nyaman dipakai. Hal yang yang paling buruk adalah rantai motor dapat putus dan rusak. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Nah, berikut ini adalah tips untuk merawat rantai motor Anda agar awet dan tidak merepotkan Anda. Ingin tahu seperti apa? Berikut ulasannya:

1. Periksa Rantai Secara Berkala

Memeriksa rantai dengan teratur akan menghindarkan Anda dari kerusakan. BUkan hanya sekadar mengendurkan atau mengencangkan, namun mengatur pengunci pin sambungan pada rantai dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.

Jika Anda kerap melewati jalan yang berlubang dan sering melaju dengan kecepatan tinggi, posisi pin akan berpotensi berubah. Sebab beban rantai untuk menarik roda motor semakin berat.

Yang ideal adalah mengecek kondisi rantai tiap 1000km sekali. Itu akan mengurangi resiko kerusakan rantai.

2. Membersihkan Kotoran

Membersihkan kotoran ini sangat penting, sebab seperti yang dijelaskan sebelumnya. Musim hujan membawa petaka bagi rantai. Sebab hal itu cenderung membuat Anda malas untuk mencuci motor karena beranggapan itu akan percuma jika setelah dicuci ternyata hujan kembali turun.

Jangan disepelekan, sebab rantai merupakan komponen penting pada motor. kebersihannya berbanding lurus dengan kenyamanan yang Anda rasakan. Jika tidak dibersihkan, maka rantai akan berkarat.

Bersihkan rantai dengan pembersih yang sudah ada di toko atau bengkel, lalu jangan lupa memberinya pelumas setelah dibersihkan. Sebaiknya melakukan pembersihan ini tiap sebulan sekali.

3. Memotong Rantai Satu Kali

Dengan memotong rantai satu kali adalah cara yang paling ideal dan jitu jika ingin awet. Sebab hal itu dapat menghindarkan Anda pada kendurnya rantai.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk hal yang satu ini, masih sah dan tetap aman bagi Anda. Akan tetapi yang harus diingat, jika Anda sudah pernah melakukan pemotongan rantai satu kali, maka jangan lagi memotong untuk kali kedua. Ini hanya disarankan untuk pemotongan satu kali saja.

4. Mengencangkan As Roda Belakang

Ini juga berpengaruh pada kenyamanan Anda. Jika As pada roda belakang kendur, maka ini bisa membuat rantai kendur dan merepotkan Anda di perjalanan. Selain menimbulkan suara yang berisik, rantai juga dapat lepas dari gear dan memungkinkan Anda terjatuh nantinya.

Itulah beberapa cara untuk merawat rantai motor Anda agar tetap dapat digunakan lebih lama. Semoga bermanfaat.